0
Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama baterai. Berbagai peralatan elektronik yang ada disekitar kita memerlukan baterai agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Baterai mampu menghasilkan energi listrik dengan menggunakan energi kimia. Hhmm..kira-kira sejak kapan ya baterai mulai dimanfaatkan oleh banyak orang? Kita simak yuk sejarah asal mulanya ditemukannya baterai.
Penemuan baterai pertama kali berawal di Baghdad, Irak. Penemuan ini berawal ketika seseorang menemukan bendar mirip guciberbentuk lonjongpada tahun 1936. Benda aneh ini kemudian disimpan untuk diteliti.Dua tahun kemudian, yakni pada tahun 1938, seorang arkeolog Jermanbernama Dr Wilhelm Konig berhasil mengidentifikasi benda tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, usia benda kuno ini diperkirakan berkisar 2.000 – 5.000 tahun. Wuuiihh, sudah lama sekali ya..
Dari bentuk yang terlihat, Wilhelm meyakini bahwa benda itu adalah baterai yang dibuat bangsa Parthia yang tinggal di dekat Sungai Tigris. Saat ini, daerah itusudah berubah nama menjadi kota Baghdad. Wilhelm meyakini bahwa benda tersebut merupakan baterai generasi pertama yang dibuat manusia.
Seiring dengan perkembangan sejarah manusia, teknologi baterai juga terus berkembang. Pada tahun 1786, Luigi Galvani berhasil membuat konsep baterai yang lebih sempurna, namun dia tidak berhasil mewujudkannya dalam bentuk nyata. Barulah pada tahun 1800 Alessandro Volta mempublikasikan secara rinci tentang baterai. Volta menemukan bahwa dengan menggunakan fluida tertentu sebagai penghantar untuk mendorong reaksi antara logam dan elektroda, dapat dihasilkan arus listrik secara terus menerus. Temuan Volta ini kemudianlebih dikenal sebagai baterai.
Dari berbagai sumber

Post a Comment

 
Top