2
James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap dan juga merupakan tokoh kunci Revolusi Industri. Mesin uap sangat bermanfaat karena mencakup berbagai bidang kehidupan seperti untuk kapal laut, lokomotif, dan pembangkit listrik.Namun sebenarnya sebelum James Watt menemukan mesin uap, sudah ada beberapa nama yang telah terlebih dahulu membuat mesin uap yaitu Hero dari Iskandariah pada awal tahun Masehi, Thomas Savery pada tahun 1686, dan Thomas Newcomen pada tahun 1712.


James Watt lahir pada tanggal 19 Januari 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. Watt lebih banyak mendapat pendidikan di rumah oleh ibunya daripada di sekolah. Walaupun demikian, Watt menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti matematika

Tahun 1755, tepatnya pada saat Watt berusia 18 tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot. Kemudian Watt melakukan perjalanan ke London untuk belajar mengenai pembuatan peralatan listrik selama satu tahun. Selanjutnya Ia kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan peralatan listriknya. Pada tahun 1757, Watt diangkat sebagai pembuat peralatan mesin di Unversitas Glasgow.

Tahun 1764, seseorang yang bernama Thomas Newcomen meminta Watt untuk memperbaiki mesin uapnya buatannya. Mesin uap itu masih banyak kelemahannya dan cara kerjanya juga tidak efisien. Sejak saat itu Watt menjadi tertarik dengan mesin uap dan terus mengembangkan cara terbaik untuk mengefisienkan mesin uap tersebut. Banyak sekali penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukan Watt terhadap mesin buatan Newcomen itu, sehingga pada tahun 1765, Watt berhasil membuat sebuah model mesin uap yang dapat bekerja dengan baik.

Penemuan James Watt tersebut kemudian dipatenkan pada tahun 1769. Oleh sebab itu orang-orang mengenal James Watt sebagai penemu mesin uap yang lebih sempurna. Mesin ini semakin berkembang dari tahun ke tahun. Pada tahun 1781, Watt juga menemukan seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkatkan secara besar-besaran penggunaan mesin uap pada waktu itu. Kemudian tahun 1782, mesin uap baru buatan Watt mulai digunakan.
Ilustrasi mesin uap buatan Watt

Di samping bermanfaat untuk tenaga pada pabrik, mesin uap juga mempunyai peran besar di bidang lainnya. Di tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap untuk penggerak kapal. Di tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama.

Pada tahun 1788, Watt juga berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis, yang menyebabkan kecepatan mesin dapat secara otomatis diawasi. Watt Juga menciptakan alat pengukur bertekanan pada tahun 1790, alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap sebagai tambahan perbaikan lain-lain peralatan.
Ilustrasi mesin pengontrol gaya gerak melingkar otomatis

Pada tahun 1819, Watt meninggal dunia di Inggris. Di tahun yang sama ketika Watt meninggal, sudah berdiri 18 pabrik mesin uap di daerah Glasgow dengan 2800 alat. Untuk menghargai jasanya, pada tahun 1882, International System of Units (atau 'SI') mengabadikan namanya menjadi satuan listrik. Nama belakang James Watt diabadikan dengan simbol “W” seperti yang kita kenal sekarang pada bola lampu yang tertulis 5 Watt, 10 Watt, 25 Watt, dan seterusnya.

Foto: Wikipedia/Henry Howard
Dari berbagai sumber

Post a Comment

  1. Layanan Pendanaan Le_Meridian melampaui dan melampaui persyaratan mereka untuk membantu saya dengan pinjaman saya yang saya gunakan memperluas bisnis farmasi saya, Mereka adalah permata yang ramah, profesional, dan mutlak untuk bekerja dengan. Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman untuk dihubungi. Email..lfdsloans@lemeridianfds.com Atau lfdsloans@outlook.com.WhatsApp ... + 19893943740.

    ReplyDelete

 
Top