0
Adik-adik pasti sudah tahu kan apa itu seismograf? Yupz, betul…alat untuk mengukur besarnya gempa bumi. Ternyata ketika awal ditemukan, bentuk seismograf bukan seperti yang sekarang adik-adik pernah lihat loh. Penasaran kan? Okeh, lanjut deh baca artikelnya..

Mungkin ada yang berpikir, orang Amerika atau Eropa lah sebagai penemu seismograph. Namun tebakan kalian meleset, karena orang Tiongkok lah sebagai penemu seismograph. Penemu seismograph pertama kali di dunia bernama Zhang Heng yang lahir pada Dinasti Han. Ia lahir pada tahun 78 (setelah Masehi) di kota Shiqiao, sekitar 25 km sebelah utara kota Nanyang yang sekarang, Provinsi Henan. Pada usia 16 tahun ia meninggalkan rumahnya dan mengikuti pelajaran sekolah. Pada waktu itu ia belajar tentang Sastra dan ia menjadi seorang sastrawan. Tidak hanya sastra, beliau juga belajar di bidang mekanikal dan astronomi.

Zhang Heng Mulai belajar astronomy pada usia 30 dan memulai pekerjaannya di bidang astronomi dan matematika. Pada tahun 116, pada usia 32 tahun, Zhang Heng menjadi pejabat pemerintah untuk kaisar An dari Dinasti Han. Zhang Heng sempat menjadi penasihat kerajaan.

Ketika bekerja di pemerintahan, kontribusi yang paling besar ia lakukan di bidang astronomi dan ilmu pengetahuan adalah melakukan penyelidikan fenomena astronomi, menyusun kalender, meramalkan cuaca, dan mengadakan penyelidikan meteorologi.

Zhang Heng tidak saja memperhatikan riset teori, tapi menekankan praktek, dia pernah merancang dan menciptakan sendiri armilari berbentuk corong, serta seismograf. Armilari ciptaannya itu sama dengan globe langit yang ada sekarang ini. Zhang Heng menemukan seismometer pada tahun 132 M yang kemudian diberi nama Houfeng Didong Yi. Alat ini digunakan pada tahun 143 M di daerah Gansu.

Seismograf buatan Zhang Heng ini merupakan alat pendeteksi gempa bumi pertama di dunia. Seismograf buatannya diakui secara umum belum dapat ditiru atau dijiplak, melebihi instrumen canggih yang ada pada saat itu.

sumber: http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemu/84-zhang-heng
Sumber gambar: s9.com

Post a Comment

 
Top