0
Tahukah kamu kalau ternyata oven microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh penemunya. Oven Microwave ditemukan oleh Percy Le Baron Spencer di Boston, di Amerika pada tahun 1946. 
Percy Le Baron Spenser merupakan seorang penemu besar Amerika yang sudah memiliki 120 hak paten atas penemuannya.Spencer dilahirkan dari keluarga petani di pedesaan kota kecil Howland, Maine Amerika Serikat.Ayahnya meninggal dunia sebelum Spencer menginjak usia 2 tahun. Sedangkan ibunya pergi entah kemana. Kemudian Spencer dirawat oleh paman dan bibinya hingga mereka meninggal dunia saat Spencer berusia 7 tahun.  Sejak itulah Spencer kecil mulai hidup mandiri.
Pada saat berusia 12 tahun, Spencer bekerja di pabrik setempat dan ia mulai tertarik pada listrik.  Pada tahun 1910, sebuah pabrik kertas menyewa Spencer yang berusia 16 tahun untuk menyetel sistem listrik pertamanya. Kepandaiannya itu didapatkan dengan belajar sendiri karena diatidak pernah mendapatkan pelajaran dari sekolah atau guru manapun. Karena ketekunan dan sifatnya yang pantang menyerah, membuat Spencer menjadi terkenal sebagai tukang listrik yang handal.

Di tahun 1912, Spencer bergabung dengan Angkatan Laut untuk mempelajari telegram. Kerajinannya belajar hal-hal baru membuatnya terkenal di angkatan laut. Karenanya Spencer pun dikirim untuk bersekolah di bidang radio. Selain itu, Spencer juga banyak belajar dari buku teks yang dibacanya, tak hanya tentang radio, tetapi juga trigonometri, kalkulus, kimia, metalurgi, fisika, serta ilmu lainnya.
Setelah keluar dari angkatan darat, Spencer bekerja di perusahaan radio nirkabel di Boston. Barulah tahun 1930-an Spencer bergabung di Raytheon Corp. Di perusahaan ini Spencer banyak mengembangan sistem radar dan tabung vakum magnetron.
Berkat kerja keras dan ketekunannya, akhirnya Spencer mendapat posisi yang tinggi di perusahaan tersebut dan berhasil membuat perusahaan tersebut menjadi lebih maju.
Atas prestasinya itu maka Spencer dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa oleh Massachusetts Institute of Tecnology.  Kemudian pada tanggal 18 September 1999,  beliau juga resmi terdaftar sebagai Inventors Hall of Fame yang merupakan tempat dimana para tokoh serta penemu ternama ada disana seperti George Washington Carver, Thomas Alva Edison dan lain-lain.
Nah, bagaimanakah awal mula Spencer menemukan oven microwave? Penemuannya ini dimulai saat dia sedang meneliti kemampuan sebuah radar di lembaga pertahanan Raytheonpada tahun 1945. Pada waktu dia sedang berdiri di dekat sebuah magnetron yang sedang hidup. Lalutiba-tiba coklat yang ada di dalam saku celananya meleleh.  Kecerdasannya membuat Spencer berfikir, mungkin ini adalah akibat dari gelombang mikro. Kemudian dia malakukan percobaan kecil lainnya menggunakan biji jagung brondong, dan juga sebuah telur yang kemudian meledak.
Dari percobaan kecil itu, Spencer berkesimpulan bahwa energi dari gelombang elektromagnetik micro (microwave) yang terpancar dari magnetron itulah yang membuat makanan-makanan tadi termasak dengan cepat melebihi kompor. Akhirnya Spencer mulai melakukan percobaan-percobaan yang lebih serius. Ia membuatan tabung-tabung magnetron, mendesain alat/oven, serta membuat peralatan penunjang lainnya.
Setelah pendesainan seluruh alat selesai, akhirnya pada awal tahun 1947, oven microwave untuk pertama kalinya diperkenalkan ke masyarakat. Oven microwave ini diberi nama radarange. Kalian pasti berfikir, kok namanya aneh ya? Namanya memang seperti itu sebab magneutron berasal dari radar.
Pada waktu pertama kali diluncurkan, alat ini ukurannya masih sangat besar. Coba bayangkan saja, beratnya kira-kira 400 kg dan besarnya seukuran kulkas. Harganya juga mahal yaitu sekitar 5000 dollar. Wah, kalau dirupiahkan kira-kira berapa yaa.. Hehehe.. Karena ukurannya yang besar dan berat serta mahal, maka oven microwave ini hanya dipakai oleh restoran, kereta api, dan militer.
Pada tahun 1965, Amana untuk pertama kalinya memperkenalkan oven microwave untuk rumah tangga dengan harga dibawah 500 dollar. Setelah itu dari tahun ke tahun perkembangan oven microwave semakin meningkat. Mulai dari ukuran, harga, fungsi serta kesesuaiannya terhadap zaman. Kini, oven microwave sudah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas.
 
Referensi:
http://niaharyanto.blogspot.com/2013/02/penemuan-oven-microwave-musibah-membawa.html
http://perawatanrtdonto.blogspot.com/2013/03/sejarah-asal-usul-oven-microwave.html
http://andreauthority.blogspot.com/2012/10/sejarah-oven-microwave.html
http://betelm.blogspot.com/2013/06/sejarah-penemuan-oven-microwave.html 
http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/302-sejarah-ditemukannya-oven-microwave-

Post a Comment

 
Top