2

Richard Phillips Feynman adalah salah seorang fisikawan Amerika yang paling berpengaruh pada abad kedua puluh karena telah memberikan banyak kontribusi mengenai teori Elektrodinamika Kuantum. Berkat jasanya di bidang Elektrodinamika Kuantum, Feynman menjadi salah satu penerima Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1965.

 
Richard Philips Feynman dilahirkan pada 11 Mei 1918 di Far Rockaway, New York, Amerika Serikat. Semasa kecil, Feynman diajarkan beraneka ragam ilmu pengetahuan alam oleh ayahnya yang berprofesi sebagai penjual pakaian militer. Feynman tumbuh menjadi seorang anak yang memiliki sifat ingin tahu yang besar. 
 
Saat berusia 12 tahun, Feynman muda memiliki laboratorium yang dibuatnya sendiri. Ia melengkapi laboratorium kecil di kamarnya dengan radio tua yang sudah rongsok dan rusak. Si jenius kecil ini mengutak-atik radio itu dan berhasil memperbaikinya. Dia juga membuat percobaan listrik dan bermain-main dengan percobaan kimia sederhana menggunakan bahan-bahan yang diambil dari dedaunan dan bumbu masak ibunya.
 
Pada tahun 1939, Feynman kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT) jurusan Fisika. Kemudian Feynman meneruskan pendidikannya ke Princeteon University dan meraih gelar Ph.D. pada tahun 1942. 
 
Setelah lulus dari Princeton Feynman bergabung dengan Project Manhattan, projek pengembangan bom atom pertama di dunia. Dia ditempatkan di Los Alamos untuk membantu menghitung besarnya perkiraan ledakan dari bom atom. Setelah menyelesaikan projek bom atomnya, Feynman menjadi rebutan banyak universitas untuk menjadi guru besar. Akhirnya pada tahun 1945 ia memutuskan untuk bergabung dengan Cornell University, kemudian pindah ke California Institute of Technology (Caltech). 
 
Kemampuannya menjelaskan fisika yang rumit menjadi sangat sederhana dan mudah, membuatnya menjadi terkenal di kalangan ilmuwan. Feynman pun sangat senang mengajar dan ia adalah seorang pengajar yang baik. Pada tahun 1961 Feynman sempat menjadi pengajar ilmu fisika dasar untuk para mahasiswa baru tahun pertama. Tapi ternyata kuliahnya tidak hanya dihadiri oleh mahasiswanya sendiri, tapi juga oleh mahasiswa senior, para peneliti, bahkan profesor. Wah, hebat ya..!!
 
Walaupun telah menghasilkan begitu banyak teori-teori dari hasil pemikirannya, namun ilmuwan yang satu ini tidak mempunyai sifat yang serius dan kaku seperti ilmuwan kebanyakan. Feynman justu bisa menjadikan fisika sebagai sebuah permainan yang mengasyikkan. Wah, sepertinya seru ya kalau guru Sains/Fisika kita seperti Pak Feynman.  Pasti kita bisa memahami sains/Fisika dengan mudah dan menyenangkan. 
 
Sumbangan terbesar Feynman di dunia Fisika adalah di bidang Elektrodinamik Kuantum. Kalian pasti bertanya-tanya, Elektrodinamika Kuantum itu apa ya? Elektrodinamika Kuantum merupakan sebuah teori kuantum yang menjelaskan interaksi cahaya dan materi (light-matter interaction). Kontribusi Feynman lainnya adalah "Diagram Feynman". Diagram Feynman ini dipakai secara luas dalam mempelajari interaksi antarpartikel. Diagram Feynman menjelaskan, bagaimana dua elektron saling tolak-menolak ketika berdekatan dengan mempertukarkan foton. 
 
Tidak hanya itu, Feynman juga berkontribusi pada beberapa teori fisika lainnya seperti Teori Helium Cair (bersama fisikawan Rusia, L.D. Landau), Teori Peluruhan Beta, Teori Parton yang mengantarkan kita pada pemahaman Quark, dan juga terlibat pada perintisan teknologi nano dan komputer kuantum. Kalian mungkin bingung ya mengenai teori-teori tersebut diatas, hehe… Tidak apa-apa, suatu hari nanti kalian mungkin akan mendapatkan pelajaran mengenai teori –teori tersebut. 
 
Selain menguasai fisika teori, Feynman juga menguasai bidang teknik. Pada tahun 1986, Feynman diminta untuk menjadi penyelidik pada kasus kecelakaan pesawat Challenger. Pada tanggal 15 Februari 1998, ilmuwan yang ceria dan sangat menginspirasi banyak orang ini meninggal dunia akibat penyakit kanker yang dideritanya. 
 
Referensi :
 
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/11/biografi-richard-philips-feynman.html 
http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1153526102 
http://fisika.um.ac.id/blog-pendidikan/258-mengenal-fisikawan-rp-feynman.html 
Sumber: http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemu/299-richard-philips-feynman
Sumber gambar: fisika.um.ac.id

Post a Comment

 
Top