0
Telegraf pertama kali ditemukan pada tahun 1837 oleh Samuel Finley Breese Morse atau biasa disebut Samuel Morse, seorang peneliti berkebangsaan Amerika Serikat. Samuel Morse lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791. Telegraf kemudian menjadi alat komunikasi yang penting pada pertengahan tahun 1800-an sampai dengan pertengahan tahun 1900-an.

Samuel Morse adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Dr. Jedidah Morse yang merupakan ahli geografi dan juga penulis buku ajar geografi yang dipakai oleh hampir semua sekolah pada waktu itu. Ketika belajar di Yale College, Morse bukanlah siswa yang pintar. Ketertarikannya pada sains timbul saat mengikuti kuliah mengenai perkembangan terbaru tentang kelistrikan.

Pada tahun 1818, Morse menikah dan kemudian memiliki dua orang putra serta seorang putri. Pada 1825, istrinya meninggal akibat serangan jantung di New Haven, Connecticut. Samuel Morse yang pada saat itu terpisah 500 kilometer dari istrinya, tidak bisa menghadiri pemakaman istrinya karena beritanya baru sampai kepadanya melalui pos satu minggu kemudian.

Pada Oktober 1832, Morse dan keluarganya sedang berada di atas kapal pelayaran menuju Amerika Serikat. Ketika itu, Morse mendengar percakapan tentang penelitian elektromagnet yang baru ditemukan, dan kemudian muncul dalam benaknya tentang konsep telegrafi elektromagnetik. Dengan bantuan Leonard Gale, dosen ilmu alam, Morse mengembangkan gagasannya menjadi model yang operasional selama lima tahun. Morse menggunakan sandi-sandi berbentuk titik dan garis untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Sandi inilah yang dikenal dengan sebutan, Sandi Morse.


Morse berhasil menciptakan model telegraf pertamanya pada tahun 1835 yang dioperasikan di gedung Universitas New York. Dengan pertolongan teman-temannya, Morse mengajukan hak paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837. Kemudian Morse mendemonstrasikan telegrafi ini kepada para usahawan, pemerintah Amerika Serikat, menjelajahi Inggris dan Eropa namun tetap saja tidak mendapatkan dukungan. Akhirnya ia kembali ke Amerika Serikat.

Pada tahun 1843 Morse kembali mengajukan biaya kepada pemerintah Amerika Serikat untuk membiayai penerapan telegrafinya. Kegigihannya ini membuahkan hasil, ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore. Meskipun banyak kesulitan teknis, dia berhasil membangun jalur telegrafi pertama dari Washington ke Baltimore dengan anggaran yang tersedia dan dalam waktu yang ditentukan. Dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore.

Dikemudian hari, saluran telegraf buatan Morse dipasang di seluruh bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Morse meninggal karena penyakit pneumonia di New York, pada 2 April 1872 dan dimakamkan di pemakaman Greenwood, Brooklyn.

Dari berbagai sumber

Post a Comment

 
Top