0

Guglielmo Marconi merupakan salah satu orang yang berjasa dalam perkembangan dunia penyiaran dunia, khususnya dalam penemuan radio. Marconi lahir pada tanggal 25 April 1874 di Bologna, Itali. Ayahnya bernama Giuseppe Marconi, seorang pria Italia kaya raya dan ibunya bernama Annie Jameson yang berdarah Irlandia. Sejak kecil, keingintahuan Guglielmo tentang benda-benda di sekitarnya sangat besar dan ia pun sangat tertarik pada ilmu alam. Marconi menyelesaikan pendidikannya di Livorno.


Tahun 1894 saat usianya menginjak dua puluh, Marconi membaca dan melakukan uji coba terhadap percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan tersebut membuktikan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, dapat bergerak, serta dapat menyampaikan pesan-pesan tertentu lewat udara dengan kecepatan suara. Dari hasil percobaannya tersebut Marconi berhasil mengirim sinyal telegraf sejauh sekitar 2 kilometer tanpa melewati kabel. Penemuannya ini merupakan langkah awal mulai berkembangnya komunikasi yang kelak dinamakan dengan radio.

Pada tahun 1895, Marconi berhasil memproduksi peralatan-peralatan yang diperlukan untuk pembuatan radio. Satu tahun selanjutnya yakni pada tahun 1896, Marconi memperagakan radio ciptaannya di Inggris, sekaligus memperoleh hak paten pertama atas temuannya. Setelah temuannya diakui dan mendapatkan hak paten pada 1897, Marconi mendirikan perusahaan radio The Wireless Telegraph & Signal Company Limited yang kemudian diubahnya menjadi Marconi's Wireless Telegraph Company Limited.

Marconi mengirimkan siaran pertamanya pada tahun 1898. Satu tahun setelah penyiaran pertamanya, ia berhasil mengirimkan pesan tanpa kabel dengan melewati Selat Inggris. Pada tahun 1901, ia berhasil mengirimkan berita radio dari Inggris ke Newfoundland yang melintasi Samudera Atlantik. Pada tahun 1910, Marconi berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, yang berjarak lebih dari 6000 mil.

Marconi mematenkan sejumlah temuannya untuk menyempurnakan sistem radio yang diciptakannya tersebut hingga tahun 1912. Pada tahun 1909 Marconi mendapat penghargaan Nobel bidang fisika. Sebagaimana yang kita tahu, pengiriman pesan melalui radio biasanya berbentuk suara. Namun pada waktu itu, berita atau pesan yang dikirimkan melalui radio temuan Marconi masih berbentuk tanda-tanda sistem kode Marconi. Barulah pada tahun 1915, pengiriman pesan radio berbentuk suara seperti yang sering kita dengar sekarang ini.

Guglielmo Marconi menikah dengan Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 dan mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. Marconi wafat pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia. Radio hasil temuan Marconi ini telah berhasil mendorong temuan-temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan penyiaran, seperti televisi. Dengan kata lain, radio ciptaan Marconi merupakan awal mula berkembangnya teknologi penyiaran.

Foto: noberprize.org
sumber: http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemu/179-guglielmo-marconi-

Post a Comment

 
Top