0
Ternyata selain Thomas Alva Edisson, ada juga loh ilmuwan hebat lainnya yang telah menemukan berbagai macam penemuan penting. Siapakah dia? Ilmuwan ini bernama Nikola Tesla yang merupakan penemu transmisi listrik bolak-balik (AC), teknologi radio , transfer energi nirkabel dan masih banyak lagi.  Anak ke empat dari lima bersaudara ini lahir pada tanggal 9 Juli 1856 di Smiljan yang saat itu bagian dari Kerajaan Austro-Hungarian, dan kini berubah menjadi Yugoslavia.

Sejak kecil Tesla sudah mulai menyukai matematika, mekanika, dan fisika. Pada usia sembilan belas tahun, Tesla masuk Universitas Teknologi Graz, Austria. Di sana ia banyak mempelajari penggunaan arus listrik bolak-balik (AC) dan tertarik untuk lebih mengefisienkan motor listrik arus searah (DC) yang ada pada saat itu.

Pada tanggal 6 Juni 1884 Tesla pindah ke New York, Amerika Serikat (AS) untuk bekerja secara langsung dengan Thomas Alfa Edison. Di perusahaan Edison ini Tesla sempat merancang 24 jenis dinamo. Pada awal 1895, Tesla berhasil mengirimkan sinyal radio sampai pada jarak 50 mil. Nah, penemuannya inilah nantinya yang akan menjadi asal mula ditemukannya radio.


Pada 1886 Tesla mendirikan perusahaannya sendiri. Kurang dari setahun, insinyur listrik yang sangat cerdas ini dapat mematenkan tiga hasil penemuannya, loh. Woow..!!! Hebat yaa.  Nah, khusus dalam bidang teknik listrik dan radio, jumlah penemuannya lebih banyak lagi hingga tujuh ratus hak paten...!! Wuiih, banyak banget..!! Oh iya, jika kamu membaca buku pelajaran kakakmu yang duduk di bangku SMA, maka kamu akan menemukan salah satu hasil temuan Tesla yaitu Kumparan Tesla (Tesla Coil).


Pada ahun 1895 Nikola Tesla bekerja sama dengan George Westing-house, seorang insinyur dan wirausahawan terkenal untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia yang memanfaatkan air terjun Niagara. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia dan sampai sekarang kita bisa menikmati listrik yang kita gunakan setiap saat dan setiap waktu. Oleh karena itulah Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik Amerika Serikat terhebat..!!


Pada tahun 1898, Nikola Tesla mendemonstrasikan temuannya berupa perahu yang dikendalikan dengan radio kontrol dari jarak jauh, dihadapan masyarakat di Madison Square Garden. Tesla menyebut perahu itu sebagai "teleautomaton". Inilah asal mula remote yang kita kenal saat ini.


Tesla juga menemukan transmisi energi nirkabel dengan menggunakan gelombang mikro, Tesla coil, serta magnifying transmitter. Untuk mewujudkannya, ia membangun Menara Wardenclyffe yang terletak di Shoreham, Long Island. Menara ini dibuat sebagai fasilitas yang bisa memancarkan tenaga listrik.


Pada tahun 1930-an, Tesla mengaku telah menemukan senjata penembak partikel. Senjata ini sering disebut juga sebagai 'Death Ray' atau 'Peace Ray' (untuk tujuan anti-perang). Senjata ini katanya disebut sebagai senjata yang sangat ampuh untuk menghancurkan sebuah pesawat tempur atau pasukan musuh. Wuuih, kereen..!! Kayak senjata di film-film luar angkasa.


Tesla juga mengaku telah menemukan sebuah pesawat yang bertenaga listrik yang bisa mengangkut penumpang dari New York ke London hanya dalam waktu 3 jam, dengan melintasi delapan mil di atas udara. Kereen..!! Kalau naik pesawat biasa kira-kira berapa lama ya??.


Dia juga menemukan lampu Photorontgent, lampu yang dipakai untuk X-Ray. Dan dia mengambil fotonya sendiri dengan lampu itu untuk percobaannya.


Dari berbagai sumber

Post a Comment

 
Top