0

James Clerk Maxwell adalah ilmuwan besar dibidang Fisika asal Skotlandia yang menyumbangkan hukum kelistrikan dan magnet. Karyanya yang luar biasa terbentang luas bahkan diluar bidang elektromagnetika dan termodinamika. Maxwell  mengubah sejumlah besar fenomena alam menjadi satu teori tunggal yang dapat dijadikan rujukan oleh ilmuwan lain. Teori Maxwell kemudian menjadi pegangan secara luas baik di sektor teori maupun dalam praktek ilmu pengetahuan.


Maxwell dilahirkan di Edinburg, Skotlandia pada tahun 1831. Maxwell besar di Glenlair, kediaman ayahnya di barat daya skotlandia. Pada usia tiga tahun, dia sudah menunjukkan ketertarikannya pada alam sekitar. Pada usia lima belas tahun dia sudah mampu mempersembahkan sebuah kertas kerja ilmiah kepada "Edinburgh Royal Society." Dia masuk Universitas Edinburgh dan kemudian ke Trinity College, Cambridge, dimana dia lulus pada tahun 1848.

Maxwell bekerja pada bidang elektromagnetik pada rentang waktu 1855 – 1865. Pada tahun 1856 di usianya yang ke- 25, Maxwell menerima posisi sebagai professor bidang Fisika di Marischal College, Aberdeen. Maxwell mempelajari cincin Saturnus dari tahun 1856 -1859. Dialah yang menggabungkan teori atom dengan teori kinetik panas untuk menghasilkan teori kinetik gas.

Maxwell juga sempat menjabat sebagai profesor di King’s College, London, selama lima tahun. Setelah itu Maxwell pensiun dan kembali ditempat asalnya untuk bereksperimen dengan gas dan berupaya memecahkan masalah elektromagnetik. Pada tahun 1864, ia membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik ialah gabungan dari osilasi medan listrik dan magnetik. Maxwell mendapati bahwa cahaya ialah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Ia juga membuka pemahaman tentang gerak gas, dengan menunjukkan bahwa laju molekul-molekul di dalam gas bergantung kepada suhunya masing-masing.

Dalam Treatise on Electricity and Magnetsm (1873), Maxwell mengembangkan empat persamaan ringkas yang menunjukkan bagaimana listrik dan magnetik menjadi satu sebagai elektromagnetik. Semua hukum listrik dan magnetik yang sebelumnya dikenal, bisa di ambil dari empat persamaan tersebut.

Persamaan-persamaan Maxwell tersebut mengilhami Heinrich Hertz menemukan gelombang radio dan Guglielmo Marconi yang berhasil menemukan radio. Pendapat Maxwell tidak hanya hukum dasar kelistrikan dan kemagnitan, tetapi sekaligus hukum dasar optik. Maxwell juga memberi sumbangan penting bagi teori-teori astronomi dan termodinamika. Salah satu minat khususnya adalah teori kinetik tentang gas.

Pada lima tahun sisa hidupnya (1871-1879) dia menghabiskan waktunya di Cambridge sebagai kepala laboratorium Cavendish yang pertama (laboratorium yang baru didirikan ). Maxwell meninggal tahun 1879 pada usia 49 tahun akibat serangan kanker, dan tidak mendapatkan penghormatan publik atas karyanya. Namun, para ilmuwan mengakui kecerdasan dan jasa Maxwell di dunia ilmu pengetahuan.

Foto: clerkmaxwellfoundation.org
Dari berbagai sumber

Post a Comment

 
Top