0

Zacharias Janssen merupakan seorang penemu yang lahir pada tahun 1580 di Belanda. Pada tahun 1590, Janssen berhasil membuat sebuah mikroskop dengan menggunakan lensa cembung dan cekung. Jenis mikroskop yang baru ditemukan ini adalah mikroskop cahaya. Mikroskop ini digunakan untuk memperbesar tampilan benda-benda yang sangat kecil ukurannya dengan bantuan cahaya. Penemuan mikroskop ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan. Setelah mikroskop ditemukan, banyak penemuan-penemuan besar yang sangat bermanfaat bagi kehidupan diteliti dengan menggunakan alat ini.

Kemudian pada tahun 1668 seorang ilmuwan yang berasal dari Italia bernama Campini, menyempurnakan mikroskop temuan Janssen ini agar lebih fokus. Namun seorang ilmuwan yang berasal dari Belanda bernama Anton van Leuwenhoek merasa bahwa mikroskop yang dibuat oleh Janssen kurang sempurna. Akhirnya pada tahun 1660 ia membuat mikroskop yang memiliki daya pembesar sampai dengan 770 kali.

Walaupun mikroskop yang ada saat ini sudah semakin canggih, namun Janssen tetap dikenal sebagai orang pertama yang telah berhasil menciptakan mikroskop. Janssen meninggal dunia pada tahun 1638 pada usia 58 tahun.
 
sumber: http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemu/224-zacharias-janssen

Foto: vietsciences.free.fr

Post a Comment

 
Top